Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar Perintah Dasar Termux Untuk Pemula

 Hasil gambar untuk termux 

Apa Itu Termux?

Termux adalah sebuah aplikasi buatan Fredrik Fornwall yang berfungsi sebagai Terminal Emulator di Android. Jadi, Kita seperti memiliki sebuah terminal sendiri di HP kita, atau di windows yaitu Command Prompt. Nah jika kita memiliki terminal sendiri di HP kita, maka sangat memungkinkan untuk kita menjalankan perintah-perintah di linux. Nah di blog kali ini akan saya bahas mengenai dasar - dasar penggunaan termux. Ok langsung saja, berikut ini adalah perintah perintah dasar termux.
  • pkg install

Adalah perintah dasar untuk menginstal dan memasang tools pada Terminal anda, Formatnya: pkg install (nama package yang ingin di install) Disini saya akan memberikan contoh untuk menginstal compiler bahasa pemrograman Python. pkg install python Nanti kalian bisa mencoba menginstall beberapa package yg menarik untuk dipakai menggunakan perintah ini. misal figlet, bahasa program ruby, dll.

  • pkg list-all

Adalah perintah dasar untuk melihat paket atau tools yang telah terinstal di dalam termux kalian, di sini anda dapat melihat semua Tools yang telah anda install sehingga Anda dapat mengetahui tools yang perlu atau tidak perlu. seperti tadi kita sudah menginstall python dengan perintah pkg install python nah bisa dilihat sudah benar - benar terinstall atau belum  menggunakan perintah ini.

  • pkg update

Adalah perintah dasar untuk mengupdate atau memperbarui perangkat / tools termux anda yang telah terpasang di termux kalian. Perintah ini juga bisa diubah menjadi apt update

  • pkg upgrade

Adalah perintah dasar untuk mengupgrade termux versi yang lama ke versi yang baru dari dalam sistem termux nya.

  • mkdir

Adalah sebuah perintah dasar untuk membuat folder baru di dalam termux anda, perintah ini juga bisa dieksekusi di terminal linux atau pun windows beserta turunannya. Formatnya mkdir (nama folder). contoh: mkdir folder_saya maka akan membuat sebuah folder bernama folder_saya

  • cd

Adalah perintah dasar termux untuk mengakses sebuah folder atau direktori, ini berlaku juga di ubuntu, kali linux dan turunan linux lainnya seperti debian dll. Contoh penggunaannya cd (nama folder)

  • chmod

Adalah perintah dasar untuk merubah izin akses folder atau merubah izin akses di sebuah direktori termux handphone kalian. Ok, jika kurang mengerti saya jelaskan lebih detail. di dalam sistem terminal / termux itu jika ada file yg baru dibuat atau baru di download dari github atau internet jika berbentuk kode yang bisa dieksekusi (kode program) maka pada saat menjalankannya biasanya akan dicekal untuk akses ke beberapa folder penting seperti root(akar sistem), karena bisa saja file tersebut berisi kode program berbahaya untuk sistem nya. nah untuk memberikan akses agar file kode program tersebut bisa berjalan maka kita harus memberikan izin akses ke file tersebut sebelum dijalankan. Ingat!!! berhati - hati lah untuk memberikan akses chmod ke file yg belum tentu aman karena bisa saja file tersebut berisi kode program yang berbahaya untuk sistem kalian.

  • clear

Adalah sebuah perintah dasar untuk membersihkan layar pada termux yang sudah dipakai, jadi ketika anda sudah mengetikan perintah perintah termux, agar layar bersih kembali dari perintah yang kita ketikan tadi maka gunakan perintah diatas.

  • mv

Adalah sebuah perintah dasar untuk mengubah nama file atau folder yang ada di termux, juga dapat memindahkan file atau folder ke folder lainnya. format penggunaan : mv (nama file / folder lama) (nama file / folder baru). Contoh saya membuat folder dengan perintah mkdir folder_saya nah setelah dibuat akan muncul folder baru bernama folder_saya (cara melihatnya ketikan ls ) maka akan muncul folder bernama folder_saya  nah untuk mengganti nam folder tersebut menjadi folder_kalian, kalian bisa menggunakan perintah mv folder_saya folder_kalian maka, folder_saya akan berubah menjadi folder_kalian (cek menggunakan perintah ls)

  • rm -rf

Adalah sebuah perintah dasar menghapus folder sekaligus file yang ada di dalam folder termux yang anda pilih. Formatnya : rm -rf (nama folder) misal tadi kita sudah membuat folder bernama folder_saya di termux lalu kita ubah menggunakan perintah mv menjadi folder_kalian maka untuk menghapus folder tersebut kalian bisa menggunakan perintah ini contoh: rm -rf folder_kalian ini akan menghapus folder yang kalian buat tadi. 

  • exit

Adalah sebuah perintah dasar untuk keluar dari termux anda, ketika mengeksekusi perintah ini, otomatis jendela termux kalian akan tertutup.

Oke itu saja beberapa perintah dasar dasar dalam menggunakan Terminal Linux atau termux, jika ada beberapa yang kurang atau anda ingin menambahkan silakan komentar di bawah ini. agar saya dapat membantu kalian menjawab pertanyaan bagi yang masih belum mengerti. Happy Learning & Terimakasih



Posting Komentar untuk "Belajar Perintah Dasar Termux Untuk Pemula"